Sabtu, 11 Februari 2012

Sejarah Fisioterapi Dunia

Sejarah Fisioterapi Dunia, mungkin semua orang sudah mengenal fisioterapi, (baca : pengertian fisioterapi ), tapi apakah anda tau bagaimana sejarah fisioterapi ? awal mula fisioterapi, bagaimana terbentuknya  profesi fisioterapi, yuk, cari tau tentang sejarah fisioterapi dunia ,,

penggambaran fisioterapi di dunia berbeda-beda di  berbagai negara, antara

  • Di Amerika Serikat, fisioterapi biasanya disebut sebagai Terapi Fisik,
  • Fisioterapi (Indonesia), 
  • Physiotherapy (negara Eropa), 
  • Fysiotherapie (Belanda) 

istilah-istilah di atas pada hakekatnya sama mempunyai nilai-nilai, konsep, paradigma yang bersifat universal.

Fisioterapi pada saat itu adalah pengobatan tua Pada Zaman Yunani Kuno di era Hippocrates. Sejak saat itu Fisioterapi telah berevolusi dari pijat sederhana untuk portofolio kompleks  terapi dengan aplikasi khusus.

Zaman Yunani Kuno sekitar tahun 460 SM, Hector berlatih teknik Fisioterapi yang disebut “Hidroterapi”. Fisioterapi saat ini masih menggunakan hidroterapi, sekarang berkembang dan disesuaikan secara khusus untuk berbagai kondisi pasien.

Pada tahun 1894, fisioterapi di Inggris diakui sebagai cabang khusus keperawatan diatur oleh Perhimpunan Chartered. Dalam dua dekade berikutnya, program fisioterapi formal didirikan di negara-negara lain termasuk Selandia Baru (1913) dan USA (1914).

Pertama kalinya fisioterapi Amerika di Walter Reed College dan Rumah Sakit Portland, Oregon di mana perawat dengan pengalaman pendidikan jasmani bekerja sebagai "pembantu rekonstruksi". Sebagai "ajudan rekonstruksi" memberikan kontribusi vital untuk pemulihan dan rehabilitasi banyak dokter pada Perang Dunia I.

Pada tahun 1921, Maria McMillan membentuk Asosiasi Terapi Fisik di Amerika Serikat. Selanjutnya berganti nama menjadi APTA, organisasi ini sangat mempengaruhi perkembangan fisioterapi di Amerika.
Epidemi polio dari tahun 1920-an adalah tonggak titik balik untuk profesi fisioterapi. Suster Kinney, dari Mayo Clinic dicapai terkenal nasional untuk bekerja dengan para korban polio. Warm Springs Georgia Foundation didirikan pada tahun 1924 sebagai respon terhadap epidemi polio dan memberikan fisioterapi untuk pasien polio.

Setelah wabah polio mereda, pengobatan fisioterapi terutama terdiri dari olahraga, pijat dan traksi. Dari tahun 1950, manipulasi chiropractic juga diperkenalkan, paling umum di Inggris pada awalnya. Keistimewaan Ortopedi dalam fisioterapi juga muncul pada waktu yang sama.
Dari tanggal tersebut, fisioterapi diperluas dari rumah sakit keluar ke area lain dari perawatan medis. Fisioterapi sekarang bekerja juga di klinik, rumah jompo, praktek swasta dan sekolah.

Penelitian telah lama menjadi fitur fisioterapi modern, berasal dari publikasi penelitian studi Amerika Serikat pertama di tahun 1921. Penelitian terus aktif hingga saat ini di berbagai spesialisasi.
Sebuah kekuatan yang signifikan dalam evolusi fisioterapi baru-baru ini telah menjadi Federasi Internasional ortopedi Terapi manipulatif. Individu Terkemuka mengemudi perubahan teknik dan pelatihan yang telah menyertakan Mariano Rocabado (Chile), Freddy Kaltenborn  (Norwegia / USA), dan Geoffrey Maitland (Australia).

Selama 1980-an, teknologi menjadi fokus perubahan fisioterapi. Prosedur Novel fitur komputer, stimulasi listrik, ultrasound dan peralatan baru lainnya. Namun, dipimpin oleh Freddy Kaltenborn, bunga dikembalikan ke terapi manual dalam dekade berikutnya.

Sepanjang pengembangan pelatihan profesi Fisioterapi, dan teknik terus berubah dan memperbaiki diri. Pionir Berbakat telah berkontribusi kaya untuk literatur dan organisasi profesi lapangan.

Karena itu, Fisioterapi sekarang telah dapat pengakuan yang luas dan di hormati dengan baik, dengan banyak anak muda menyatakan minat dalam profesi fisioterapi, begitu juga di  indonesia.


sumber : http://rebekkasimanjuntak.blogspot.com

1 komentar:

Ellyna Maharani mengatakan...

Sip.. sip... cukup informatif menjelaskan apa itu  profesi fisioterapi . Jadi ngeh apa itu fisioterapi&nbsp

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo