Senin, 06 Februari 2012

SEKILAS TENTANG TIDUR


Tidur merupakan suatu fenomena yang menarik yang terjadi dikehidupan ini, semua orang bahkan semua makhluk hidup setiap hari tidur,  Semua mahluk hidup memerlukan istirahat setelah melakukan aktivitas / kegiatan, Apa yang terjadi saat kita tidur ? Selama kita tidur, tubuh mengganti sel-sel yang rusak dengan yang baru dan limbah serta uap kotor yang terjadi pun dibuang. Tidur ini tidak hanya diperlukan oleh manusia dan hewan saja, tumbuh-tumbuhan pun memerlukannya. Sebagai contoh saja, pada siang hari tumbuhan bunga matahari daun-daun kelopak bunganya terbuka dan menutup kembali pada waktu senja menjelang malam hari.

Manusia dapat bertahan 2 minggu tanpa makan, tetapi hanya bertahan 1 minggu saja tanpa istirahat. Tidur adalah waktu istirahat yang sangat baik, dengan tidur organ tubuh kita dapat beristirahat. Kurang tidur dapat menyebabkan emosi yang tidak stabil, lelah, lesu, berkurangnya kemampuan berpikir. Kekurangan tidur  juga dapat merusak organ dan otak kita.

Berapa jam kita tidur setiap hari ? Mengenai tidur ini, tidak ada aturan ketat yang diberlakukan, karena istirahat tidur ini tergantung pada : usia, jenis pekerjaan, temperamen setiap individu. Bayi dan anak-anak memerlukan tidur lebih banyak dibandingkan orang dewasa. Pada orang orang yang sudah berumur mereka sebenarnya lebih memerlukan istirahat daripada tidur yang sebenarnya, selama berbaring mereka lebih banyak menggunakan waktu untuk mengubah-ubah posisi berbaringnya saja. Orang yang bekerja dengan menggunakan otak/pikirannya memerlukan lebih banyak tidur dibandingkan dengan orang yang bekerja dengan fisiknya. Orang-orang yang lemah dan sakit-sakitan memerlukan lebih banyak tidur daripada orang sehat. Waktu yang dibutuhkan untuk tidur bagi orang dewasa berkisar 8 jam setiap hari.

Yang perlu diketahui & diingat sehubungan dengan fenomena tidur ini, yaitu jika terdapat suatu harapan,  keinginan, niat, ide, ataupun masalah didalam fikiran kita sebelum tidur maka hal-hal tersebut secara perlahan masuk dan mengendap didalam alam bawah sadar kita sepanjang malam dan tanpa disadari akan mempengaruhi pikiran, emosi dan tindakan kita. Sebagai contoh, jika seseorang tertidur dalam keadaan bahagia sambil tersenyum, maka biasanya pada saat terbangun dia akan tersenyum bahagia dan dia siap menjalani harinya dengan penuh kebahagiaan, indah bukan. Oleh karena itu, kita di anjurkan mengarahkan pikiran, emosi kita ke dalam hal-hal yang positif.


Hal hal yang sebaiknya jangan kita lakukan saat tertidur !!

           #     JANGAN TIDUR MENGENAKAN JAM TANGAN. Sebaiknya kita hindari, walaupun akan kelihatan lebih keren jika memakai jam tangan saat tidur, tetapi menggunakan Jam saat tidur bisa menimbulkan radioaktif, walaupun hanya sedikit, tapi kalau terlalu lama memakainya bisa berbahaya.
     #            Untuk wanita, JANGAN TIDUR MEMAKAI BH. Para ilmuwan di Amerika mensinyalir bahwa pemakain BH diatas 12 jam, dapat mengakibatkan Kanker Payudara.
      #            JANGAN TIDUR MEMBAWA TELP ANDA KE RANJANG. Gelombang Medan magnet yang ditimbulkan oleh alat electronik ini, dapat merusak system syaraf kita.

      #            JANGAN TIDUR MASIH MENGENAKAN MAKE-UP. Hal ini dapat menimbulkan masalah pada kulit kita, karena kulit tidak dapat bernafas. pastikan sebelum tidur, sudah tidak ada lagi make-up ataupun pernak pernik lain yang menempel di wajah kita.

      #            JANGAN TIDUR DGN ISTRI/SUAMI ORANG. Jangan2 anda tidak bakalan bangun lagi (karena dibunuh suami/istrinya)

      #            JANGAN COBA-COBA JADI POLISI TIDUR. Pikir aja sendiri apa akibatnya, jangan tanya kenapa, hahaaaa....ha..
<div class="fb-like" data-send="true" data-width="450" data-show-faces="true" data-font="segoe ui"></div> 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | SharePoint Demo